9 Tips Membuat Skripsi Hukum

Jasa Pembuatan Skripsi Tesis Disertasi 085771726666

9 Tips Membuat Skripsi Hukum

skripsi hukum pidana9 Tips Membuat Skripsi Hukum, Fakultas hukum menjadi salah satu jurusan yang banyak digandrungi oleh para mahasiswa baru. Apalagi di era seperti ini, dimana keterbukaan makin menyeruak dan segala sesuatunya harus benar-benar berdasarkan hukum. Banyaknya kasus yang muncul ke permukaan menjadi cirri betapa diperlukannya orang-orang yang mngerti hukum untuk mampu menyelesaikannya.
Ditunjang oleh perkembangan yang ada lalu makin pesatnya dunia pendidikan yang membuka hukum sebagai salah satu jurusannya menjadikan kaum intelek pun berpacu untuk bisa menjadi bagian atau salah satu yang berhasil di dunia hukum.
Dan lapangan kerja pun makin banyak membuka posisinya untuk mereka yang berlatar belakang hukum. Baik hukum pidana, perdata, hukum dagang. Semua lini kkehidupan memerlukannya.
Tidaklah salah jika Anda pun berniat atau tertarik mendalami dunia hukum. Hanya saja untuk menjadi mahasiswa fakultas hukum ini memerlukan otak yang brilian. Apalagi saat menjelang skripsi. Butuh waktu dan daya penalaran serta kemampuan menganalisa yang teramat dalam. Takutkah Anda dengan situasi semacamn itu?
Takut adalah hal yang wajar, sebab itu bagian dari proses berpikir. Namun jangan sampai larut dalam ketakutan. Yang ada skripsi tak pernah selesai. Malah dibiarkan begitu saja. Karenanya ada baiknya Anda membaca tips membuat skripsi hukum ini. Pasti sangat membantu Anda.

1. Tentukan pilihan tema. Tema dalam sebuah tulisan adalah unsur yang cukup penting, sebab dari tema inilah akan lahir ide-ide cemerlang termasuk judul. Namun saat menentukannya harus benar-benar Anda pahami, kuasai dan senangi. Jangan sampai karena gengsi Anda menentukan pilihan tema pada sesuatu yang tidak dikuasai. Jangankan menyelesaikannya, untuk sekedar membuat penelitian pun Anda tak akan bisa. Mengapa pilihan tema harus mengarah pada bidang yang disukai? Sebab dengan rasa suka akan menimbulkan semangat yang tidak pernah mati. Tidak ada pemaksaan dalam melakukannya dan apa yang dikerjakan pun akan dengan hati sehingga hasil yang diharapkan pun bisa lebih mendekati kesempurnaan seperti yang Anda harapkan.

2. Skripsi bagi jurusan ilmu hukum ada beberapa macam, antara lain Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Lingkungan, Hukum Tata Negara, Hukum Internasional, Hukum Agraria, Hukum Ekonomi, dan Hukum Bisnis. Manakah yang paling Anda kuasai?

3. Setelah itu Anda mulai bisa melangkah untuk mencari materi pembahasan beserta teori-teori atau kajian-kajian yang nantinya disertakan dalam pembuatan skripsi.Pencarian tersebut bisa melalui internet, baik pencarian judul buku atau kalau memang Anda tidak memiliki cukup waktu untuk belanja bisa melalui belanja buku online yang sekarang marak. Pilihan lainnya adalah dengan langsung mendatangi pasar buku murah yang ada di kota-kota besar. Pencarian bahan untuk materi ini sangat penting sebagai daftar pustaka yang harus dicantumkan pada skripsi.

4. Judul, inilah yang terkadang membuat mahasiswa kesulitan membuatnya. Biasanya hal itu dikarenakan rasa takut tidak diterimanya judul tersebut atau takut dalam penyusunan skripsi. Menghilangkan ketakutan itu ada baiknya dilakukan dengan meyakinkan diri bahwa saya sanggup, saya mampu. Pupuklah rasa percaya diri dengan selalu berpikiran positif dan dibarengi dengan doa sebagai cara meminta keridhoanNYA dan agar dimudahkan juga dilancarkan.

5. Selanjutnya persiapkan diri Anda untuk menghadap pada dosen pembimbing, dimana Anda untuk pertama kalinya mengajukan judul. Biasanya judul yang diajukan adalah tiga. Buatlah judul dengan kalimat yang singkat, padat dan tidak menimbulkan pemikiran dimana nantinya sang dosen banyak bertanya.Jika judul Anda tidak distujui jangan putus asa. Anggap saja sebagai proses untuk membuat skripsi Anda lebih bagus dan bisa Anda kuasai hingga saat sidang skripsi Anda tidak mengalami kesusahan.

6. Konsultasi, satu tahapan yang harus dijalani dalam masa pembuatan skripsi. Dosen pembimbing skripsi inilah yang kelak membimbing Anda menyelesaikan tugas akhir tersebut. Karenanya menjalin komunikasi yang baik dengan sang pembimbing sangat diperlukan. Jangan malu atau takut bertanya jika tidak mengerti, dan jangan putus asa kalau dalam pembimbingannya itu banyak kendala.

7. Langkah kemudian adalah mengajukan proposal skripsi hukum tersebut pada dosen pembimbing. Lagi-lagi kesabaran Anda pun diuji, sebab seringkali proposal yang diajukan itu tidak langsung diterima. Kembali Anda harus bisa menghilangkan rasa kecewa atau putus asa.

8. Setelah semuanya sesuai prosedur dan judul ataupun proposal Anda diterima mulailah Anda berjibaku dengan penelitian. Cartilah tempat penelitian yang tidak menghabiskan waktu, tenaga dan keuangan.

9. Selama proses pembuatan skripsi, sudah pasti Anda dihadapkan pada kesibukan yang teramat sangat. Selain lembur, Anda harus cermat dalam segalanya. Yang terpenting juga adalah jaga kesehatan dengan pola makan seimbang, dan tidak melupakan istirahat.

Sekarang, selamat membuat skripsi, semoga berhasil menghadapi sidang skripsi!

 

 

Jasa Pembuatan Skripsi Tesis Disertasi