Contoh Skripsi Asuransi Jiwa

Jasa Pembuatan Skripsi Tesis Disertasi 085771726666

Contoh Skripsi Asuransi Jiwa

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR MAKRO EKONOMI DAN DEMOGRAFI TERHADAP FUNGSI PERMINTAAN ASURANSI JIWA DI INDONESIA

ABSTRAKSI

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis faktor-faktor determinat fungsi permintaan asuransi jiwa di Indonesia. Model penelitian yang digunakan mengacu pada model penelitian Outreville (1996) yang telah dikembangkan oleh Arena (2006) dan Nesterova (2008). Motivasi utama penelitian ini didasarkan pada fenomena pertumbuhan dan kontribusi asuransi jiwa di Indonesia yang pesat. Hasil analisis terhadap insurance penetration, insurance density dan insurance contribution to saving, menunjukkan bahwa peningkatan dan pertumbuhan asuransi jiwa di Indonesia sampai dengan sekarang masih belum mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan perekonomian nasional.

Variabel penelitian independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tingkat pertumbuhan produk domestik bruto, tingkat inflasi, tingkat bunga tabungan, tingkat pertumbuhan sektor keuangan (representasi dari jumlah M2 terhadap pdb), tingkat pendidikan dan dependency ratio. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah penetrasi asuransi jiwa terhadap produk domestik bruto (life insurance penetration). Data penelitian menggunakan data sekunder selama lima tahun (2006 – 2011), yang dianalisis dengan metode statistik multiple regression, dengan software komputer SPSS ver 19.0.

Berdasarkan analisis terhadap pengaruh seluruh variabel yang dibahas dalam penelitian, serta berbagai data pendukungnya, maka fungsi permintaan asuransi pada industri jiwa yang direpresentasikan dengan life insurance penetration di Indonesia dalam kondisi perekonomian yang relative stabil dengan tingkat pertumbuhan yang normal (ceteris paribus) cenderung akan mengalami pertumbuhan rata-rata sebesar 19.3%. Beberapa faktor utama (determinant factor) yang perlu diperhatikan oleh industri asuransi jiwa dalam meningkatkan permintaan produk asuransi adalah tingkat produk domestik bruto, tingkat pendidikan masyarakat, tingkat pertumbuhan sektor keuangan dan tingkat bunga tabungan (berpengaruh positif signifikan). Sedangkan faktor lain yang juga memerlukan pertimbangan adalah tingkat inflasi dan dependency ratio penduduk (berpengaruh negative signifikan).
Dalam penetapan kebijakan pemasaran produk asuransi jiwa secara regional pada setiap kabupaten/kota, industri asuransi jiwa dapat menggunakan data produk domestik regional bruto. Faktor lain yang juga perlu dipertimbangkan adalah tingkat pendidikan penduduk pada setiap daerah kabupaten/kota yang menjadi target dan sasaran pemasaran produknya. Sehingga industri asuransi jiwa dapat secara tepat menerapkan berbagai kebijakan premi dan target penjualan produk asuransinya.

Contoh Skripsi Asuransi Jiwa Bagian 2

Leave a Reply

Jasa Pembuatan Skripsi Tesis Disertasi